Minggu, 24 Januari 2010

Desktop dan Laptop Untuk Stasiun Cuaca

Pengaruh perkembangan teknologi akhir-akhir ini telah banyak mengubah gaya hidup seseorang. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut perkembangan budaya masyarakat juga makin meningkat. Efisiensi dan efektivitas serta rencana yang rinci menjadi sesuatu yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu indikasi peningkatan budaya tersebut adalah perhatian yang besar kepada cuaca dan iklim. Informasi cuaca dan iklim yang semula hanya ditanggapi terbatas sebagai sekedar tahu, kini telah banyak dimanfaatkan secara ilmiah praktis dalam banyak bidang kegiatan. Disisi lain peningkatan informasi cuaca berkaitan pula dengan perkembangan teknologi komputasi.



Dalam bidang teknologi informasi penggunaan komputer makin terus meningkat. Bila semula komputer hanya digunakan untuk keperluan kantor, sekarang sudah mulai digunakan oleh masyarakat luas untuk berbagai keperluan sampai keperluan rumah tangga. Dengan computer berbagai informasi dengan mudah dapat diperoleh.

Meskipun kini telah banyak diketahui tentang manfaat cuaca dan iklim, namun demikian sifat bahwa cuaca dapat menghambat dan mengandung bahaya tidak dapat dipungkiri. Oleh karena itu upaya untuk mengetahui cuaca pada setiap saat sangat diperlukan. Informasi cuaca dan iklim telah banyak disiarkan oleh berbagai pusat informasi cuaca di seluruh dunia yang dapat mudah dicari setiap saat dengan menggunakan computer. Dengan demikian melalui computer kita dapat membangun pusat informasi cuaca kedua.

Pada awalnya komputer memang hanya dapat digunakan terbatas di meja saja. Dengan terus berkembangnya pola pikir dan peradaban manusia, muncul gagasan bahwa komputer tidak terbatas hanya digunakan di rumah atau di kantor saja, melainkan harus dapat digunakan secara berpindah-pindah tempat (mobile) atau dalam di dalam perjalanan. Ide itulah yang melahirkan perangkat computer yang sekarang dikenal dengan Laptop. Kini laptop sudah banyak berkembang; bahkan di Indonesia perkembangan laptop tersebut cukup pesat, di tambah lagi harga laptop yang semakin murah dan terjangkau oleh masyarakat luas.

Dalam hal penggunaan informasi cuaca, laptop tidak hanya sebagai sarana pengumpul informasi tetapi lebih dari itu dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang memungkinkan pengguna berhubungan dengan pengguna laptop lain di tempat lain. Tidak hanya itu saja kini dengan computer atau laptop juga dapat berkomunikasi dengan pengguna telepon genggam yang saat ini juga berkembang dengan pesat. Dengan saling bertukar informasi cuaca melalui sarana-sarana tersebut kita dapat mengatur perjalanan, dan membuat rencana kegiatan yang lebih efektif dan efisien.



=============

2 komentar:

  1. Tentunya perkembangan hardware seperti komputer dan laptop harus diimbangi dengan perkembangan software meteo juga kan pak? agar semuanya berjalan dengan cepat dan teratur. Sayang dong kalau hardwarenya saja yg canggih, tapi softwarenya belum

    Terkait software,terkadang pak, teman-teman di UPT masih memilih cara manual daripada otomatis melalui komputer. Sehingga saat saya berusaha menciptakan software yg membantu pekerjaan, tapi tidak begitu direspon oleh teman-teman. Sehingga ada perasaan kecewa sudah membuat tapi tidak digunakan. Mungkin seharusnya yg seperti ini disuport dan dipacu terus agar menghasilkan karya-karya yg lebih mumpuni lagi.hehe

    Tak bisa dipungkiri dijaman yg serba cepat ini, dibutuhkan informasi secepat mungkin. Tak ayal hal itu membutuhkan bantuan komputer, walaupun terkadang hasil perhitungan komputer tidak sama dengan manual.

    Demikian komentarnya pak,
    oiy, titip link di blog bapak http://www.putupudja.blogspot.com, dan http://www.green-earth-cadet.blogspot.com

    Link blog bapak sudah saya sertakan pada blog pak Putu Pudja. Thx

    BalasHapus
  2. Terimakasih komentarnya. Teruskan saja berkarya lain waktu pasti ada manfaatnya.

    Wass.
    SWh

    BalasHapus