Rabu, 20 Januari 2010

KREASI BISNIS DARI SUHU UDARA

Dengan memperhatikan suhu udara, perilaku manusia, dan kondisi lingkungan dapat diciptakan berbagai kegiatan bisnis.

Benarkan demikian?

Udara kadang-kadang terasa panas, kadang-kadang terasa dingin. Di tempat makin tinggi udara makin dingin. Di kawasan tropik suhu udara pada siang hari berbeda banyak dengan suhu di malam hari; tetapi hampir tidak berbeda sepanjang tahun. Berbeda dengan di kawasan tropik, di kawasan subtropik suhu udara tidak banyak bedanya di siang dan di malam hari; tetapi berbeda banyak mengikut musim. Oleh karena itu di kawasan subtropik dikenal musim panas dan musim dingin. Apakah yang dapat dilakukan dengan memperhatikan suhu tersebut ?

Untuk mengetahui tingginya suhu udara digunakan termometer dan/atau termograf yakni termometer yang dilengkapi dengan perangkat perekam. Karena suhu udara berbeda di setiap tempat maka untuk mengetahui suhu udara di suatu wilayah diperlukan banyak pengukuran. Oleh karena itu diperlukan pula banyak termometer atau termograf. Apabila Anda ingin mengetahui sendiri suhu udara di rumah, pasanglah termometer di rumah Anda.


Pertimbangkan berjualan es di malam hari.

Di kawasan tropik seperti di Indonesia, pada siang suhu udara tinggi karena ada sinar matahari; sebaliknya pada malam hari suhunya rendah karena tidak ada sinar matahari. Oleh karena itu pada siang hari orang minum lebih banyak dibandingkan pada malam hari. Dengan demikian minuman dingin banyak diminati pada siang hari, sedangkan pada malam hari orang lebih suka minuman yang hangat.

Berbagai tanaman hidup subur di pegunungan.

Makin tinggi tempat makin rendah suhunya. Di Indonesia perbedaan suhu udara rata-rata menurut ketinggian mengikuti rumus (Th –To) = - 0,5 h/100. Th adalah suhu pada ketinggian h, To suhu pada ketinggian 0 atau permukaan laut dinyatakan dengan satuan derajat Celcius, h tinggi tempat yang dinyatakan dalam meter. Bila To rata-rata 25 derajat maka pada ketinggian 1000 meter suhunya (25 - 0,5 100/1000) = 20 derajat Celcius. Di tempat tinggi yang suhunya rendah tanaman teh dan holtikultura hidup subur.

Apakah yang diperlukan ?

Di tempat tinggi yang suhunya rendah tidak diperlukan AC (pendingin); sebaliknya di dataran rendah yang suhunya tinggi AC banyak diperlukan, demikian pula selimut dan baju tebal.
Bagi orang-orang yang sehari-harinya sibuk bekerja di tempat panas, daerah pegunungan yang suhunya rendah menjadi tempat yang diinginkan untuk bersantai di hari libur. Jangan lupa membawa baju hangat apabila Anda akan berpergian di tempat yang sedang musim dingin. Namun demikian bagi mereka yang sudah biasa tinggal di kawasan dingin, musim dingin juga sering diharapkan untuk rekreasi bermain ski.
Tetapi jangan diabaikan, di tempat makin tinggi di atas 1500 meter hujan makin kurang, suhunya sangat rendah dan kering. Tanaman sulit hidupnya dan embun beku (frost) sering terjadi.

Apakah yang sensitif terhadap suhu udara ?

Kenalilah benda-benda, kehidupan, kegiatan yang sensitif terhadap suhu udara. Memanfaatkan dan menyesuaikan kegiatan dengan suhu udara di suatu tempat akan banyak memperoleh keuntungan.



========

2 komentar:

  1. Betul Pak, tahun 2008 suhu bulan Oktober di Makassar mencapai 38 der C, hampir setiap hari saya didatangi wartawan, bahkan bbrp stasisiun TV lokal mengadakan acara live, lalu penjual AC dan kipas angin meraup keuntungan, tiba2 orang menyerbu toko elektronik...,info cuaca bs untuk berbisnis...

    BalasHapus
  2. Sdr. Mustari, itulah sebenarnya misi pembuat informasi cuaca dalam ikut meningkatkan ekonomi.

    Wass.
    SWh

    BalasHapus